Jumat, 16 Januari 2015

TUHANNYA KRISTEN MENGHALALKAN ALKOHOL




Kali ini kita akan membahas tentang halalnya alkohol dalam kekristenan, mungkin bagi beberapa orang hal ini sudah tidak asing lagi. Mengingat peribahdan kristen memang identik dengan miras, seperti pada saat perjamuan kudus jemaat kristiani meminum anggur. Lalu yg jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah hal tersebut diperbolehkan dalam agama kristen? Tentu sebagai orang yg bijak, kita tidak boleh menilai suatu agama dari tindakan para penganutnya. Yaitu harus menilainya berdasarkan ajaran agamanya. Dan untuk mengetahui jawabannya, mari kita baca ayat dibawah ini :

Ulangan 14:26 dan HARUSLAH engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk ANGGUR atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN, atau APAPUN yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.

Dalam beribadah, sudah menjadi KEHARUSAN bagi kristen untuk berfoya-foya dan membelanjakan uang mereka untuk APAPUN yg diinginkan hati mereka, semisal miras, narkoba, sabu-sabu dsb. Jadi kalau ada umat kristen yg sedang beribadah, lalu mereka mau pesta miras dan narkoba, polisi tidak boleh sedikitpun menghukum umat kristen. Karna kan agama kristen itu sudah disahkan di Indonesia, kalau polisi hendak menghukum tindakan mereka, maka polisi tersebut akan melanggar UUD 1945 28E : 1 tentang kebebasan beragama bagi setiap masyarakat. Dan ini adalah bunyi UUD nya :

“Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” (UUD 1945 28E : 1)

Keren bukan? Jadi kristiani bebas berpesta miras dan narkoba dalam kegiatan peribadahan mereka. Dan karna hukum taurat tidak ditiadakan oleh yesus, maka yesus juga memberikan anggur/wine kepada orang lain saat ia menghadiri acara pernikahan.

Yohanes 2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu--dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya--ia memanggil mempelai laki-laki,

Kristiani mungkin akan berasumsi bahwa anggur yg diberikan oleh Yesus kepada orang lain bukanlah anggur fermentasi atau wine. Tapi jika mereka mau membaca Greek Bible, alkitab berbasaha yunani, maka mereka akan menemukan kata "Oinon" dalam ayat diatas yg dalam bible berbahasa Inggris diartikan sebagai "Wine" jadi tidak usah ngeyel lagi, karna ini bukan rahasia lagi. Dan karna alkohol itu dihalalkan didalam kekristenan, maka jangan heran kalau kita melihat banyaknya umat kristen yg suka mabuk-mabukan, khususnya di negara-negara yg mayoritasnya umat kristen. Karna agama mereka tidak mengharamkan hal itu dan malah mengharuskannya. Mungkin kristiani juga akan berasumsi bahwa alkohol memang dihalalkan tapi mabuk-mabukan yg diharamkan, minum alkohol asalkan tidak mabuk, maka itu diperbolehkan. Maka untuk menanggapi hal itu, silahkan kristiani carikan dalil yg dengan tegas MELARANG mabuk-mabukan, semisal dengan menggunakan kata "Janganlah/Tidak boleh" Bahkan para nabi didalam alkitab juga dikisahkan dengan buruknya terkait dengan alkohol dan mabuk-mabukan. Contoh :

1. Nabi Nuh Mabuk Sampai Telanjang

Kejadian
9:20 Nuh menjadi petani; dialah yang mula-mula membuat kebun anggur.
9:21 Setelah ia minum anggur, mabuklah ia dan ia telanjang dalam kemahnya.

2. Nabi Lot Terlibat Skandal Seks Dengan Kedua Putri Kandungnya Karena Mabuk

Kejadian
19:32 Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita."
19:35 Demikianlah juga pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu bangunlah yang lebih muda untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
19:36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka.

Kita sebagai manusia yg diberikan akal sehat tentunya bisa menilai apakah agama yg beginian ini layak dijadikan pegangan hidup umat manusia. Alkohol bisa menyebabkan orang lupa diri dan melakukan tindakan apapun, lantas apakah tuhannya kristen tidak mengetahui efek apa saja yg bisa diakibatkan alkohol? Coba kristiani tanyakan pada hati masing-masing dan berpikirlah obyektif mennai hal ini, apakah sudah benar ataukah ini adalah suatu kesalahan.

Demikianlah apa yg dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin..
Posting Komentar