Minggu, 08 Februari 2015

PROSES PENCIPTAAN ALAM SEMESTA MENURUT ALKITAB



Kali ini kita akan mengkaji keakuratan proses penciptaan alam semesta didalam alkitab dari sudut pandang ilmu pengetahuan. Proses penciptaan alam semesta menurut alkitab diawali pada Kejadian 1:1, sebagai penjelasan dasar bahwa alam semesta itu diciptakan oleh Tuhan. Lalu pada Kejadian 1:2-31 menjelaskan tentang rincian atau urutan waktu penciptaan mulai dari penciptaan bumi, langit, daratan, lautan, tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia. Alkitab memberikan informasi kepada kita mengenai proses penciptaan alam semesta beserta isinya yang telah rampung hanya dalam waktu 6 hari. Dan berikut ini adalah rinciannya :

1. Hari pertama tuhan menciptakan bumi dimana bumi masih dalam keadan kosong dan belum ada kehidupan didalamnya. (Kejadian 1:1-5)

2. Hari kedua tuhan menciptakan langit yang juga masih dalam keadaan kosong dan belum ada benda-benda langit didalamnya. Dan disana tuhan juga memisahkan air yg ada dibawah langit dan juga diatas langit. (Kejadian 1:6-8)

3. Hari ketiga tuhan menciptakan daratan yang meliputi benua, pulau dan juga gunung-gunung. Dan dihari yang sama tuhan juga menciptakan lautan dan juga tumbuh-tumbuhan. (Kejadian 1:9-13)

4. Hari keempat tuhan menciptakan benda-benda langit yakni matahari, bulan dan bintang-bintang. (Kejadian 1:14-19)

5. Hari kelima tuhan menciptakan segala binatang yang hidup di bumi, baik yang hidup di darat, air ataupun udara. (Kejadian 1:20-23)

6. Hari keenam tuhan menciptakan manusia untuk tinggal dan beranakcucu di bumi dan mengusahakan apa yg ada dibumi (Kejadian 1:24-31)

Dari ayat-ayat diatas maka sekarang kita bisa mengambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Sudah terjadi siang, malam dan perhitungan hari pada hari pertama, padahal Matahari baru tercipta pada hari keempat.

2. Bumi diciptakan lebih dulu daripada langit.

3. Pepohonan tercipta pada hari ketiga padahal Matahari baru tercipta dihari keempat.

4. Bumi tercipta lebih dulu daripada Matahari.

5. Penciptaan alam semesta beserta isinya hanya memakan waktu 6 hari.

-----

Dari kesimpulan diatas, maka sekarang mari kita lakukan alanisis ilmiah sebagai berikut :

1. Bagaimana bisa terjadi malam, siang dan perhitungan hari pada hari pertama padahal matahari baru tercipta pada hari ke empat?

Kristiani mungkin akan berasumsi bahwa terang yang diciptakan pada hari pertama disana bukanlah terang dari cahaya matahari, melainkan dikait-kaitkan dengan hal yang lain. Tetapi ilmu pengetahuan kini sudah memberikan penjelasan ilmiah kepada kita bahwa terjadinya malam, siang dan perhitungan hari itu disebabkan oleh rotasi bumi yang mengelilingi matahari. Jadi bagaimana mungkin sudah terjadi hal tersebut sedangkan matahari baru tercipta pada hari kenempat?

2. Bagaimana tumbuh-tumbuhan bisa hidup pada hari ke tiga sedangkan matahari baru diciptakan pada hari ke empat?

Perlu diingat lagi bahwa sinar matahari adalah pokok penting dalam proses fotosintesis pada tumbuhan yang akan memberikan kehidupan bagi tumbuhan tersebut. Proses fotosintesis memerlukan cahaya matahari. Tumbuhan hijau yang menyerap energy dari cahaya matahari, kemudian menggunakannya untuk membuat karbohidrat.

3. Benarkah bumi tercipta lebih dulu daripad langit?

Para astronom telah melakukan penelitian untuk mengetahui umur alam semesta, matahari, bumi dan benda-benda langit lainnya. Dan telah didapatkan perkiraan umur alam semesta yaitu sekitar 13,7 miliyar tahun. Dan umur bumi adalah sekitar 4,5 miliyar tahun. Jadi hal ini tidak mungkin bisa dibenarkan dari sudut pandang ilmu pengetahuan jika bumi diklaim tercipta lebih dulu daripada langit.

4. Apakah bumi tercipta lebih dulu daripada matahari?

Saat ini telah diketahui bahwa usia matahari adalah sekitar 5 miliyar tahun, jadi masih lebih tua matahari daripada bumi yang usianya sekitar 4,5 miliyar tahun. Maka hal ini tidak dapat dibenarkan dari sudut pandang ilmu pengetahuan jika bumi di klaim tercipta lebih awal daripada matahari.

5. Berapa lama proses penciptaan alam semesta beserta isinya?

Para ahli kosmologi memberikan informasi kepada kita bahwa proses penciptaan alam semesta memakan waktu kosmologis selama enam era yang sangat panjang, diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Era Planck
B. Era Hadron
C. Era Lepton
D. Era Radiasi
E. Era Pembentukkan Protogalaksi
F. Era Runtuhnya Protogalaksi.

Dalam proses pembentukan bumi dari diperkirakan terjadi selama kurun waktu 10-20 juta tahun. Jadi sangat tidak masuk akal jika bumi di klaim telah rampung dibentuk selama satu hari. Hal ini jelas-jelas bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Dalam teori Kabut, Immanuel kant tahun 1755 dikemukakan bahwa Matahari semula berbentuk kabut gas yang bersuhu amat tinggi dan berputar/berotasi dengan sangat lambat. Kabut gas ini makin lama mengalami penurunan suhu, sehingga makin berkerut menjadi lebih kecil dari keadaan semula dan gerak rotasinya makin cepat, dan akhirnya kabut gas tersebut menjadi bentuk cakram. Karena cepatnya gerak rotasi menyebabkan bagian-bagian tepi dari cakram tersebut lepas. Bagian kabut yang terlepas tetap berputar, dan lama-lama mengeras dan beredar mengelilingi pusat kabut. Dan proses seperti ini memungkinkan juga terjadi pada pembentukan bintang-bintang, planet dan benda-benda langit lainnya termasuk juga bumi. Dan tentu proses seperti ini tidak memakan waktu singkat, melainkan memakan waktu yang teramat panjang. Jadi masing-masing penciptaan tidak terjadi dalam satu hari, dalam hal ini Alkitab terjadi kesalahan fatal dalam bidang ilmu pengetahuan modern. Ilmu pengetahuan modern telah memberikan informasi kepada kita sebagai berikut :

A. Umur alam semesta adalah sekitar 13,7 Miliyar tahun
B. Umur Matahari adalah sekitar 5 Miliyar tahun
C. Umur bumi adalah sekitar 4,5 Miliyar tahun
D. Umur Bulan adalah sekitar 4,4 Miliyar tahun

Dari informasi tersebut maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa terdapat rentang waktu yang teramat panjang antara proses penciptaan Langit, Matahari, Bumi dan juga Bulan. Selisihnya sampai dalam kisaran miliyaran tahun. Jadi dari sini kita bisa memastikan bahwa proses penciptaan alam semesta tidak mungkin bisa selesai dalam kurun waktu 6 hari seperti klaim alkitab, mengingat urutan penciptaan didalam alkitab yang hanya berselisih satu hari.

6. Kapan untuk kali pertama bumi dihuni oleh makhluk hidup?

Pelepasan gas vulkanik diduga menciptakan atmosfer tua yang nyaris tidak beroksigen dan beracun bagi manusia dan sebagian besar makhluk hidup. Sebagian besar permukaan Bumi meleleh karena vulkanisme ekstrem dan sering bertabrakan dengan benda angkasa lain. Sebuah tabrakan besar diduga menyebabkan kemiringan sumbu Bumi dan menghasilkan Bulan. Seiring waktu, Bumi mendingin dan membentuk kerak padat dan memungkinkan cairan tercipta di permukaannya. Bentuk kehidupan pertama muncul antara 2,5 miliar tahun yang lalu. Kehidupan fotosintesis muncul sekitar 2 miliar tahun yang lalu, dan memperkaya oksigen di atmosfer. Sebagian besar makhluk hidup masih berukuran kecil dan mikroskopis, sampai akhirnya makhluk hidup multiseluler kompleks mulai lahir sekitar 580 juta tahun yang lalu. Pada periode Kambrium, Bumi mengalami diversifikasi filum besar-besaran yang sangat cepat.

Dalam teori Palaentologi menyatakan bahwa periodisasi pertumbuhan planet bumi ini terbagi atas enam periode yaitu :

A. Azoicum, yaitu masa tidak / belum adanya kehidupan dibumi yang baru terbentuk. Masa ini berlangsung sekitar 1 Miliyar tahun.

B. Exchoicum, yaitu masa kehidupan primitif dengan ditandai dengan aktifitas gunung berapi dan terbentuknya gunung-gunung di bumi. Pada masa ini sudah ditemukan adanya kehidupan berupa semacam tumbuhan ganggang primitif. Masa ini berlangsung sekitar 600.000.000 tahun.

C. Protorozoicum, yaitu masa dengan ditemukannya fosil. Masa ini berlangsung sekitar 650.000.000 tahun.

D. Palaezoicum, yaitu zaman purba disini semua phylum yang meninggalkan fosil sudah ada dalam permulaan zaman ini. Zaman ini dibagi lagi kedalam 7 subzaman yaitu Cambrian, Ordivician, Silurias, Devonian, Mississipian, Pennsylvanian dan Pernian. Lamanya sekitar 350.000.000 tahun.

E. Mesozoicum, yaitu zaman pertengahan. Invertebrata laun jumblahnya menurun di zaman ini. Tetapi Crustaceao modern muncul. Lamanya sekitar 140.000.000 tahun.

F. Cenozoicum, yaitu zaman sekarang. Pada zaman ini muncullah makhluk-makhluk tingkat tinggi dan manusia yang dimulai sejak 60.000.000 tahun yang lalu.

Disini kita mendapatkan informasi bahwa pada awal mula pembentukan bumi terjadi masa kekosongan makhluk hidup selama kurang lebih 2 miliyar tahun. Dikarenakan masih terdapatkan gas-gas beracun yang diakibatkan dari pelepasan gas vulkanik. Maka dari informasi tersebut kita bisa memastikan bahwa terciptanya kehidupan di bumi berupa tumbuh-tumbuhan dan juga segala binatang tidak mungkin terjadi dalam kurun waktu satu 2 hari setelah masa kekosongan bumi. Mengingat selisih waktu penciptaan keduanya yang hanya berselisih 2 hari dari masa kekosongan bumi.

7. Berapa umur bumi menurut alkitab?

Seperti yang telah saya paparkan diatas, bahwa dari sudut pandang ilmu pengetahuan, umur bumi yang telah dikemukakan oleh para ilmuan saat ini ialah 4,5 miliyar tahun. Lalu berapa umur bumi menurut alkitab?

Jika kita membaca Alkitab mulai dari Kitab kejadian 5:1 hingga di Kejadian 5:32, kita akan mendapatkan silsilah 10 generasi dari manusia pertama di planet bumi yang bernama Adam sampai ke anak cucunya hingga Nuh beserta masing masing umurnya. Kemudian jika kita jumlahkan seluruh angka angka umur dari tiap generasi ketika memperanakkan masing masing keturunannya maka anda akan mendapatkan hasil 1554 TAHUN.

Perincian jumlah tahun tahun dari Adam hingga Nuh adalah sebagai berikut :

- Adam memperanakkan Set ketika berumur 130 tahun (Kej 5:3 )
- Set memperanakkan Enos ketika berumur 105 tahun (Kej 5:6 )
- Enos memperanakkan Kenan ketika berumur 90 tahun (Kej 5:9 )
- Kenan memperanakkan Mahalael ketika berumur 70 tahun (Kej 5:12)
- Mahalalel memperanakkan Yared ketika berumur 65 tahun (Kej 5:15)
- Yared memperanakkan Henokh ketika berumur 160 tahun (Kej 5:18)
- Henokh memperanakkan Metusalah ketika berumur 65 tahun (Kej 5:21)
- Metusalah memperanakkan Lamekh ketika berumur 187 tahun (Kej 5:25)
- Lamekh memperanakkan Nuh ketika berumur 182 tahun (Kej 5:28)
- Nuh memperanakkan Sem ketika berumur 500 tahun (Kej 5:32)

JUMLAH TAHUN ADAM minus TAHUN NUH = 1.554 TAHUN

Jika kita teruskan membaca mulai dari Kitab Kejadian 11:10 hingga Kejadian 11:26, maka kita akan mendapatkan umur anak-anak keturunan Nuh yaitu SEM hingga Abram dan berlanjut hingga Ishak dan Yakub pada Kitab Kejadian 21:5 dan Kejadian 25:26. Selanjutnya jika kita jumlahkan seluruh angka-angka umur tersebut, maka kita akan mendapatkan hasil 548 TAHUN

Perinciannya adalah sebagai berikut :

- Sem memperanakkan Arpakhsad ketika berumur 100 tahun (Kej 11:10)
- Arpakhsad memperanakkan Selah ketika berumur 35 tahun (Kej 11:12)
- Selah memperanakkan Eber ketika berumur 30 tahun (Kej 11:14)
- Eber memperanakkan Peleg ketika berumur 34 tahun (Kej 11:16)
- Peleg memperanakkan Rehu ketika berumur 30 tahun (Kej 11:18)
- Rehu memperanakkan Serud ketika berumur 30 tahun (Kej 11:20)
- Serug memperanakkan Nahor ketika berumur 30 tahun (Kej 11:22)
- Nahor memperanakkan Terah ketika berumur 29 tahun (Kej 11:24)
- Terah memperanakkan Abram ketika berumur 70 tahun (Kej 11:26)
- Abram memperanakkan Ishak ketika berumur 100 tahun (Kej 21:5 )
- Ishak memperanakkan Yakub ketika berumur 60 tahun (Kej 25:26)

JUMLAH TAHUN SEM minus YAKUB = 548 TAHUN

Bila dijumlahkan seluruhnya, maka umur manusia sejak Adam hingga Yakub adalah 1554 tahun plus 548 tahun = 2102 TAHUN

Untuk generasi sesudah Yakub, Alkitab tidak menuliskan tahun-tahun generasinya secara terperinci seperti generasi sebelum Yakub kecuali nama nama silsilah hingga Yesus (yang berbeda-beda jumlahnya antara yang tertulis pada Kitab Matius dan kitab Lukas).

Kitab Matius menuliskan ada 37 generasi dari Yakub hingga Yesus.
Kitab Lukas menuliskan ada 54 generasi dari Yakub hingga Yesus.

Mana yang benar dari kedua kitab tersebut menjadi relatif, sebab walau bagaimanapun secara logika mustahil kedua kitab itu sama-sama benar,

Untuk perhitungan umur manusia sejak Adam hingga Yesus, kita ambil saja yang terbanyak jumlah generasinya yaitu pada Kitab Lukas, agar diperoleh jumlah tahun maksimal.

Lalu berapa tahunkah masa antara Yakub hingga Yesus jika tidak ada rincian detail umur tiap-tiap generasinya?
Baik kita permudah saja.

Berdasar pada “firman Tuhan” di Kitab Kejadian 6:3
Berfirmanlah TUHAN: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan SERATUS DUA PULUH TAHUN saja.”

Dan anda juga tak usah heran untuk kedua kalinya, sebab ternyata yang namanya “FIRMAN TUHAN” tersebut tak lebih dari sekedar “OMONG KOSONG”, eh ralat: ”FIRMAN KOSONG”, sebab ternyata ada juga generasi sesudah “FIRMAN (KOSONG) TUHAN” itu turun yang umurnya lebih dari 120 tahun. Silakan lihat sendiri umur dari SEM hingga TERAH di Kitab Kejadian 11:10 hingga 11.26. Ini resumenya :

- Umur Sem = 600 tahun
- Umur Arpakhsad = 438 tahun
- Umur Selah = 433 tahun
- Umur Eber = 464 tahun
- Umur Peleg = 239 tahun
- Umur Rehu = 239 tahun
- Umur Serug = 230 tahun
- Umur Nahor = 148 tahun
- Umur Terah = 205 tahun
- Umur Abraham = 175 tahun

Angka-angka umur generasi sesudah Nuh tersebut di atas adalah bukti matematis “FIRMAN (KOSONG) TUHAN” yang membatasi umur manusia hanya selama 120 tahun

kita asumsikan maksimal saja bahwa usia antara Yakub hingga Yesus adalah 120 TAHUN x 54 GENERASI = 6.480 TAHUN

Maksud ASUMSI MAKSIMAL yang kita buat adalah mengabaikan overlapping umur tiap generasi. Artinya Yakub dianggap berumur 120 tahun dan mati pada usia itu juga ketika memperanakkan Yuda. Demikian juga Yuda berumur 120 tahun dan mati juga pada usia itu ketika memperanakkan Phares, demikian seterusnya (walaupun kelihatan konyol) sehingga didapat hasil umur manusia dari Adam hingga Yesus adalah TIDAK LEBIH dari 2.102 tahun plus 6.480 tahun = 8.582 TAHUN.

Sedangkan jika memakai asumsi NORMAL bahwa generasi sesudah Yakub rata-rata menurunkan anaknya ketika mereka berusia 30 tahun, maka jarak waktu antara Yakub hingga Yesus adalah 30 tahun x 54 generasi = 1.620 TAHUN.

Jadi, menurut ASUMSI NORMAL, umur manusia sejak Adam hingga Yesus adalah 1.620 tahun plus 2.102 tahun = 3.722 TAHUN. Artinya, umur manusia dan bumi sejak Adam hingga sekarang adalah 3.722 tahun plus 2.012 tahun = 5.734 TAHUN.

Sedangkan jika Menurut ASUMSI MAKSIMAL, umur manusia sejak Adam hingga sekarang (tahun 2015 ) menurut perhitungan alkitabiah adalah TIDAK LEBIH dari 8582 tahun + 2015 tahun = 10.597 TAHUN

Kita permudah saja dengan menggunakan ASUMSI MAKSIMAL (atau silakan menggunakan asumsi-asumsi lain).

Dengan demikian umur Planet Bumi, tumbuh-tumbuhan dan binatang beserta seluruh jagat raya hingga saat ini tidak lebih dari 10.596 TAHUN. Tokh alkitab menceritakan bahwa penciptaan Bumi, tumbuh-tumbuhan dan binatang serta benda benda langit lainnya hanya berselisih 5 hari lebih dulu saja dari penciptaan Adam?

Lalu bagaimana dengan ditemukannya bukti fosil-fosil binatang Purba yang berasal dari jaman Jurassic (60 juta tahun yang lalu) dan Triasic (225 juta tahun yang lalu)? Atau bagaimana dengan bukti batuan tertua yang berumur 4 milyar tahun silam? Atau bagaimana dengan ditemukannya bukti fosil manusia purba (hominid) Australopithecus Afarensis yang diberi nama Lucy yang berumur 3,2 juta tahun, atau Australopithecus Sediba si Karabo yang berumur satu juta tahun lebih tua dari Lucy yang semuanya itu berumur sangat sangat jauh dari perhitungan umur bumi, manusia dan jagat raya menurut alkitab?

8. Apakah segala binatang yang bernyawa memakan tumbuh-tumbuhan?

Dari kesemua data diatas, juga sekaligus meruntuhkan argumen Kristiani yang mengklaim bahwa binatang-binatang memakan daging disebabkan oleh kejatuhan Adam dalam dosa. Klaim tersebut mereka pergunakan untuk menjawab pertanyaan ini :

"Menurut kitab Kejadian 1:30, Apakah benar segala binatang memakan tumbuh-tumbuhan hijau?"

Faktanya banyak ditemukan fosil-fosil binatang karnivora purba yang hidup sejak jutaan tahun yang lalu. Jadi jika kita hubungkan hal ini, kita akan dapat menarik kesimpulan bahwa kitab Kejadian 1:29 yang mengatakan segala binatang memakan tumbuhan hanyalah "FIRMAN KOSONG". Mengingat banyak ditemukannya fosil-fosil binatang karnivora yang hidup sebelum adam diciptakan.

Wooow! Hanya dalam satu pasal pertama pada kitab yang urutannya juga pertama saja sudah terdapat rentetan kesalahan ilmiah yang teramat fatal seperti ini. Jelas alkitab tidak akan pernah bisa menjawabnya kecuali apologi buta orang orang yang mempercayainya sebagai kitab suci yang memilih menyangsikan semua perhitungan dan metode saintis demi membela kitab suci berisi “FIRMAN (KOSONG) TUHAN” tersebut.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.. :)

23 komentar:

Anonim mengatakan...

wah bagus dan lengkap artikelnya bro ...

Ryant mengatakan...

Wahhh... alkktab versi mna to. !? Hahahaha. Saudra. Hari pertama allah sudah menciptakan langit dan bumi .terang dan gelap artinya matahari sdh ada pada masa pertama penciptaan....

kejadian

1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong ; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah h melayang-layang di atas permukaan air. 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang ." Lalu terang itu jadi. 1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Islam Agama Setan mengatakan...

http://muslimharustahu.blogspot.com/2019/04/jika-injil-telah-dipalsukan-dimanakah.html

Unknown mengatakan...

Answering Christiani. 1 hal yg kamu gak paham bagi tuhan 1 milyar tahun itu perumpamaan 1 hari. Dalam Alkitab disebut dunia dicipta kan dalam tempo 6 hari. 6 milyar tahun itu masa yg lampau bagi manusia sulit membayang kan nya.tapi bagi tuhan 6 milyar tahun itu cuma 6 hari. Bro kamu jangan bilang firman tuhan itu omong kosong .prof Charles Darwin aja minta maaf pada dunia bahwa teori nya salah.lah kamu pengetahuan dari google aja dari narasumber yg GK valid brani2 nya bilang firman tuhan omong kosong. Istifar bro

Blofffkkk mengatakan...

Benar banget bro

Unknown mengatakan...

Maaf, hari pertama sudah ada siang dan malam, matahari ama bulan mana?

Belum dibuat?
Logis sekali 🤔

Anonim mengatakan...

udah diemin aja...orang sakit diladenin

kardo mengatakan...

Biasanya orang kalau omongin agama selalu cari pembenaran secara instan, kalau dibilang pembatasan umur manusia 120 di kejadian 6:3 adalah salah karena penafsiran itu tidak sesuai dengan konteksnya karena banjir datang usia nuh 600 thn perkiraan di usia 480 thn setelah kelahiran anaknya yg ke dua NUH mendapat perwahyuan bahwa ALLAH akan menghukum manusia dengan airbah jadi, menjelang umur 500thn NUH mendapat ketiga anaknya jadi 120 thn lamanya persiapan penghakiman manusia dengan airbah setealh NUH memperoleh ketiga anaknya Sem,ham, dan Yafet kej 7:6 NUH berumur 600 thn tatkala air bah datang meliputi bumi......
Di maz 90:10 Masa hidup kami 70 tahun dan jika kami kuat 80 tahun, kebangaanya adalah kesukaran dan penderitaan ....jadi menurut alkitab hidup itu singkat dan sangat tdk pasti.

Unknown mengatakan...

Percayalah apa yang kamu percayain. Jangan membela Tuhan karena kita tidak punya kuasa untuk itu. Biarkan orang lain berkata apa. Yang perlu kita tingkat kan adalah beriman dan berbuat apa yang sudah diperintah kan Tuhan Yesus Kristus kepada kita. Tuhan memberkati. Amin

Islam Agama Setan mengatakan...

Manakah yg lebih dahulu diciptakan: langit atau bumi? 

"Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu, dan Dia berkehendak langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit! Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." – (QS.2:29)
 
ayat diatas, menyebutkan bumi diciptakan terlebih dahulu, setelah itu langit

"Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit, Allah telah membangun-nya," – (QS.79:27)
"Dia meninggikan bangunan nya, lalu menyempurnakan-nya," – (QS.79:28)
"dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang-benderang." – (QS.79:29)
"Dan bumi, sesudah itu dihamparkan-Nya." – (QS.79:30)

ayat ayat diatas, menyebutkan langit diciptakan terlebih dahulu, setelah itu bumi

"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui, bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?." – (QS.21:30)

ayat diatas, menyebutkan, langit dan bumi diciptakan secara berbarengan

dari alquran aja, ngga jelas, yang di ciptakan, apakah langit atau bumi lebih dulu

1. langit diciptakan terlebih dahulu, setelah itu bumi
2. bumi diciptakan terlebih dahulu, setelah itu langit
3. langit dan bumi diciptakan secara berbarangan

penciptaan alam semesta alquran lebih amburadul, dan lebih ngawur, ngga masuk di akal

karena penciptaan alam semesta di alquran, asal asalan, saja, menurut pemikiran muhammad

Unknown mengatakan...

Gk usah diperdebatkan, mari kita sama2 menghargai keyakinan org lain. Karena setiap prasangka(buruk) itu adlh dosa. Gk usah saling hujat, krn pada dasarnya kita semua adlh ciptaanNya, dan Allah Maha menyayangi dan mengasihi makhlukNya. Hidup di dunia cuma sebentar, buatlah kedamaian selagi kita hidup

BlastKun113 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BlastKun113 mengatakan...

Menurut saya dia gak sakit, karena dia menjelaskannya berdasar pada ilmiah dan logika. Justru yang patut dipertanyakan ini kamu... memangnya dia sakit tau darimana, dan jelas² itu seluruh penjabarannya berdasarkan logika kamu bilangin dia sakit. Emang ente udah baca penjelasannya?? Atau mungkin anda yang lagi sakit sehingga gak bisa baca penjabarannya secara menyeluruh? LOL

BlastKun113 mengatakan...

"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui, bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dulu adalah suatu yang padu"

Tafsirannya dalam hal ini, padu bermakna satu unsur, jadi dalam artian bumi itu tercipta dari unsur yang sama dengan langit. Hal ini dapat dibenarkan secara ilmiah kalo sesungguhnya semua benda langit dan planet² lain berasal dari dua unsur yang sama yang bernama gas dan atom.

Ayat pertama yg kamu artikan bahwa bumi itu diciptakan lebih dulu dari langit, itu adalah Firman Allah yang yang menggambarkan kebesarannya dengan menciptakan seluruh apa yang ada di alam semesta, yaitu seluruh isi bumi dan langit. Justru yg paling aneh di alkitab di jelaskan bahwa sudah terjadi siang dan malam, padahal waktu itu belum ada matahari dan bulan. Nah ini baru tdk dapat dibenarkan secara ilmiah.

BlastKun113 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Koplak_botak mengatakan...

Hah...ayat bible yg mana yg mengatakan 6 hari= 6 milyar tahun...bisa kasi referensi ayatnya di bible?

Ungke mengatakan...

Ilmu pengetahuan takan bisa anda bandingkan dgn kekuasaan Tuhan..
Contoh: 1.Yesus membangkitkan orang mati. Dgn ilmu pengetahuan apa anda bisa menghidupkan orang yg sdh mati..?
2.Yesus memberi makan 5rb orang hanya dgn 2 ekor ikan dan 5 potong roti..dgn ilmu pengetahuan apakan bisa menjelaskan hal ini
3..perempuan yg sakit pendarahan percaya kalo dgn menjamah jubah Yesus saja dia akan sembuh.dgn seketika dia sembuh..disini anda bisa jelaskan pakai ilmu pengetahuan..????
Ini baru sebagian kecil kekuasaan Tuhan yg tidak bisa di jelaskan dgn ilmu kodok mu..
Jauh sebelum Yesus Datang..
Tuhan menghukum bangsa mesir dengan tulah melalui Musa..
Anda bisa jelaskan musa oakai ilmu pengetahuan apa jikalau bukan Tuhan yg berkehendak..dan masih byk lagi.
Intinya..Tuhan menciptakan alam semesta dn sgl isinya atas kehendakNya bukan kehendak anda. Dan atas kehendakNya lah semua jadi.Tumbuhan dan segala mahluk, hidup tanpa topangan matahari.krn Dia TUHAN sumber dr sgl kehidupan.ilmu kodokmu ga kepake disini.

Ungke mengatakan...

Tx

Unknown mengatakan...

Dahulu satu padu lalu dipisahkan,,,bigbang,,pas apayang ada dialqurqn

Unknown mengatakan...

Alquran maksudnya

anief aditya mengatakan...

Baca lagi ayat nya bro, okay lu anggap kalo penciptaan cahaya dan gelap adalah penciptaan matahari, terus kalo penciptaan itu lu anggap penciptaan matahari, maksud penciptaan di hari ke empat apa dong, sudah jelas di katakan hari ke empat penciptaan matahari, berarti matahari ada 2 dong, ah payah lu ndro

Unknown mengatakan...

yang menyebutkan matahari hari keempat itu itu intinya padahal matahari adalah pusat tata surya

Unknown mengatakan...

Ilmu Pengetahuan adalah buah pikiran dari manusia yang ingin mendapatkan kebenaran dari akal dan pikirannya yang terbatas, bahkan sangat terbatas; Bayangkan Einstein saja, ketika hendak mengemukakan bahwa alam semesta ini bergerak dinamis, tidak berani, karena alam pikiran waktu itu berorientasi statis; Nah, untuk membaca Alkitab dan memahaminya, harus berhikmat dan ber iman; Tanpa Iman maka kepala anda akan pecah, karena jawaban nya akan bertentangan dngn pola pikir manusia; Percaya lah sama TUHAN Allah itu saja. susah amat>