Jumat, 22 Mei 2015

BUMI BERASAL DARI AIR


Alkitab memberikan informasi mengenai geologi, yakni asal muasal dari bumi. Alkitab menyatakan bahwa bumi itu berasal dari air, hal ini dinukilkan dalam ayat berikut :

2 Petrus 3:5 Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air,

Sekarang mari baca informasi dari para ilmuan modern tentang geologi dibawah ini :

• Proses Terbentuknya Bumi

Bumi merupakan planet urutan ke-tiga dari sembilan planet yang mengelilingi matahari dan merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh mahluk hidup. Bumi terbentuk sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu. Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km, dengan radius ± 6.370 km. Bumi memiliki 2 macam lapisan, yaitu lapisan internal (dalam) dan lapisan eksternal (luar).

1. Lapisan dalam merupakan lapisan pembentuk bumi.
2. Lapisan luar merupakan lapisan yang melindungi bumi dari meteor atau benda-benda luar angkasa lainnya.

Bumi berasal dari suatu gumpalan gas raksasa yang meledak dahsyat, kemudian membentuk galaksi dan nebula. Setelah itu, nebula membeku membentuk galaksi Bima Sakti, lalu sistem tata surya. Bumi terbentuk dari bagian kecil ringan yang terlempar ke luar saat gumpalan kabut raksasa meledak yang mendingin dan memadat sehingga terbentuklah bumi. Diameter bulatan Bumi adalah 12.742 KM.

• Lapisan Dalam Bumi

Secara struktur lapisan dalam bumi, dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut:

1. Kerak Bumi (crush)

Merupakan kulit bumi bagian luar (permukaan bumi). Tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu-batuan basa dan masam. Lapisan ini menjadi tempat tinggal bagi seluruh mahluk hidup. Suhu di bagian bawah kerak bumi mencapai 1.100 oC. Lapisan kerak bumi dan bagian di bawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer. Unsur-unsur kimia utama pembentuk kerak bumi adalah: Oksigen (46,6%), Silikon (27,7%), Aluminium (8,1%), Besi (5,0%), Kalsium (3,6%) Natrium (2,8%), Kalium (2,6%) dan Magnesium (2,1%). Unsur–unsur tersebut membentuk satu senyawa yang disebut dengan batuan.

2. Selimut atau selubung (mantle)

Merupakan lapisan yang terletak di bawah lapisan kerak bumi. Tebal selimut bumi mencapai 2.900 km dan merupakan lapisan batuan padat. Suhu di bagian bawah selimut bumi mencapai 3.000 oC.

3. Inti Bumi (core)

Terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

A. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2.200 oC.
B. Lapisan inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2.700 km. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4.500 oC.

Dari data diatas kita bisa simpulkan bahwa bumi itu terbentuk dari gumpalan debu panas yang meledak, yang kemudian memadat menjadi bulatan bumi. Sedangkan air sendiri hanyalah bagian kecil dari bumi yang menenepati permukaan bumi. Permukaan bumi memang terdiri dari 70% air. Tapi ingat, itu hanyalah permukaannya saja. Lautan yang terdalam yang pernah terukur oleh manusia saat ini hanya mcapai kedalaman 10,9 KM, sedangkan jauh pada kedalam ribuan KM dibawah permukaan laut terdiri dari bebatuan padat dan magma yang berada pada inti bumi. Jadi klaim bahwa bumi berasal dari air hanyalah sebatas klaim kosong yang tidak ilmiah. Itu hanyalah pengamatan dari kaca mata orang-orang awam yang tidak mengetahui lapisan-lapisan bumi, diameter bumi dll.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.. :)
Posting Komentar