Selasa, 19 Mei 2015

KUTUKAN TUHAN YANG GAGAL


Kali ini saya akan membahas tentang kutukan tuhan yang gagal terlaksana didalam alkitab. Tidak disangka-sangka kalau dalam alkitab pun tuhannya dikisahkan sangat PAYAH, sampai-sampai saat ia mengutuk pun kutukannya gagal terlaksana. Silahkan dibaca ayat berikut ini :

Yeremia 36:30 Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang Yoyakim, raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta Daud, dan mayatnya akan tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam.

Dalam ayat tersebut Raja Yoyakim dikutuk oleh tuhan, tidak akan mempunyai keturunan yang bisa duduk diatas tahta daud. Dan kita lihat siapa saja keturunan Yoyakim?

1 Tawarikh 3:16 Keturunan Yoyakim ialah Yekhonya, anaknya itu, dan anak orang ini ialah Zedekia.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa keturunan Yoyakim adalah Yekhonya dan Zedekia. Lalu dari keturunan Yoyakim tersebut, benarkah diantara mereka tidak ada yang duduk diatas tahta daud?

Matius 1:11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.

Kalau kita baca silsilah Yesus pada kitab Matius, disana dijelaskan bahwa Yesus itu keturunan Yekhonya yang seharusnya ditulis anak Yoyakim, bukan anak Yosia. Karena Yosia adalah kakek dari Yekhonya, ayah dari Yoyakim. Hal itu tertulis pada ayat berikut :

1 Tawarikh 3:15 Anak-anak Yosia: anak sulung ialah Yohanan, anak yang kedua ialah Yoyakim, anak yang ketiga ialah Zedekia dan anak yang keempat ialah Salum.

Lalu kenapa Matius menghapus nama Yoyakim dan menggantinya dengan nama Yosia ayahnya dari silsilah Yesus? Hal ini mungkin ditujukan untuk menutupi kutukan yang gagal. Ternyata keturunan dari Yoyakim yakni Yesus, telah lahir dan duduk diatas tahta daud. Hal itu dikonfirmasi dalam ayat berikut :

Lukas 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,

Jadi, ternyata selama ini Yesus hanyalah hasil dari kutukan yang gagal terlaksana. Selain Yesus juga ada Yekhonya anak kandung Yoyakim yang telah dulu menjadi Raja di Yehuda menduduki tahta Daud.

Yeremia 24:1 Lihatlah, TUHAN memperlihatkan kepadaku dua keranjang buah ara berdiri di hadapan bait TUHAN. Hal itu terjadi sesudah Nebukadnezar, raja Babel, mengangkut ke dalam pembuangan Yekhonya bin Yoyakim, raja Yehuda, beserta para pemuka Yehuda, tukang dan pandai besi dari Yerusalem dan membawa mereka ke Babel.

Yeremia 27:20 yang tidak diambil oleh Nebukadnezar, raja Babel, ketika ia mengangkut Yekhonya bin Yoyakim, raja Yehuda, ke dalam pembuangan beserta segala pemuka Yehuda dan Yerusalem, dari Yerusalem ke Babel, --

Yeremia 28:4 Juga Yekhonya bin Yoyakim, raja Yehuda, beserta semua orang buangan dari Yehuda yang dibawa ke Babel akan Kukembalikan ke tempat ini, demikianlah firman TUHAN! Sungguh, Aku akan mematahkan kuk raja Babel itu!"

Yeremia 29:2 Itu terjadi sesudah raja Yekhonya beserta ibu suri, pegawai-pegawai istana, pemuka-pemuka Yehuda dan Yerusalem, tukang dan pandai besi telah keluar dari Yerusalem.

Jadi dalam hal ini, ternayata kutukan tuhan tidaklah terlaksana sesuai keinginannya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.. :)
Poskan Komentar