Rabu, 01 Oktober 2014

SI YAKUB YANG PERKASA


Dongeng ini bermula saat yakub terbangun dari tidur malamnya, dan ia ingin menyebrangkan istri-istrinya, anak-anaknya dan budak-budaknya ke sungai Yabok. Setelah ia selesei menyebrangkan mereka semua ke sungai Yabok, maka tinggalah yakub seorang diri disana. Tiba-tiba saat si yakub beristirahat sejenak, tanpa ia sadari ada seseorang menghampiri dia dan mengajak yakub untuk berduel. Dan akhirnya merekapun bergulat dengan hebatnya sampai fajar menyingsing. Diperkirakan seorang laki-laki yg sedang bertarung melawan yakub tersebut adalah jelmaan malaikat tuhan yg dibantu oleh tuhannya untuk menghadapi yakub. Tetapi masih saja juara bertahan kita, si yakub ini tidak terkalahkan. Berikut ini adalah kisahnya yg telah tersadur didalam bible.

→ Kejadian
32:22 Pada malam itu Yakub bangun dan ia membawa kedua isterinya, kedua budaknya perempuan dan kesebelas anaknya, dan menyeberang di tempat penyeberangan sungai Yabok.
32:23 Sesudah ia menyeberangkan mereka, ia menyeberangkan juga segala miliknya.
32:24 Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.
32:25 Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.
32:26 Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."
32:27 Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub."
32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."
32:29 Bertanyalah Yakub: "Katakanlah juga namamu." Tetapi sahutnya: "Mengapa engkau menanyakan namaku?" Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.
32:30 Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: "Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!"
32:31 Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel; dan Yakub pincang karena pangkal pahanya.
32:32 Itulah sebabnya sampai sekarang orang Israel tidak memakan daging yang menutupi sendi pangkal paha, karena Dia telah memukul sendi pangkal paha Yakub, pada otot pangkal pahanya.

Biarpun yakub harus menerima luka yg cukup parah pada bagian pangkal pahanya saat pertarungannya tersebut. Akan tetapi berkat kegigihannya, dia mampu membuat pemirsa dirumah bangga. Dengan keberhasilannya memenangkan pertandingan dan menyabet gelar SI YAKUB YANG PERKASA. Karna dengan jurus-jurusnya yg dilancarkan yakub sekuat tenaga, dia mampu mengalahkan malaikat tuhan beserta tuhannya sekaligus.

=====

Dan tidak berhenti disitu, ternyata kisah mereka berlanjut. tuhannya yakub merencanakan pembalasan dendam terhadap yakub, karna ia tidak terima telah kalah telak saat bergulat dengan yakub. Dan ia mengancam yakub, dan menyuruh yakub bertaubat kepadanya. Sampai yakub pun menyesali perbuatannya dan menagis sambil memohon ampunan kepada tuhanhya, untuk menghindari amukan dari tuhannya.

→ Hosea
12:2 TUHAN mempunyai perbantahan dengan Yehuda, Ia akan menghukum Yakub sesuai dengan tingkah lakunya, dan akan memberi balasan kepadanya sesuai dengan perbuatan-perbuatannya.
12:3 Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan Allah.
12:4 Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya. Di Betel ia bertemu dengan Dia, dan di sanalah Dia berfirman kepadanya:
12:5 yakni TUHAN, Allah semesta alam, TUHAN nama-Nya--
12:6 "Engkau ini harus berbalik kepada Allahmu, peliharalah kasih setia dan hukum, dan nantikanlah Allahmu senantiasa."

=====

Dan saat yakub merasa ketakutan dengan ancaman tuhannya tersebut, akhirnya ia pun melarikan diri untuk menghindari amukan tuhannya yg mungkin akan menyerangnya lagi dengan bala tentara surga yg lebih banyak dari sebelumnya.

→ Hosea 12:12 Yakub melarikan diri ke tanah Aram, dan Israel memperhambakan diri untuk mendapat isteri, ya, untuk mendapat isteri ia menjadi gembala.

====================================================

Demikianlah dongeng alkitab tentang kisahnya yakub yg sangat menakjubkan tersebut. Dan telah saya berikan judul

"SI YAKUB YANG PERKASA"

Semoga dongeng ini dapat menjadi bahan referensi buat para orang tua atau guru-guru TK ataupun PAUD, untuk menceritakan kisahnya kepada anak-anak mereka dirumah serta anak-anak didik mereka disekolah. Aamiin..
Poskan Komentar