Senin, 02 Maret 2015

ESKATOLOGI KRISTEN


Kali ini kita akan membahas mengenai jalan keselamatan bagi umat kristen. Selain kesalamatan bagi kristen melalui penebusan yesus di tiang salib hanyalah OMONG KOSONG mereka saja, alkitab juga mencatat bahwa orang kaya itu MUSTAHIL bisa masuk kedalam surga. Diantaranya tertulis dalam ayat berikut ini :

Matius
19:16 Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
19:17 Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
19:18 Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
19:19 hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
19:20 Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
19:21 Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
19:22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.
19:23 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
19:24 Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."

Apakah mungkin bisa seekor Unta masuk ke lubang jarum? Jawabannya adalah MUSTAHIL! Begitu juga dengan orang kaya untuk masuk ke surga, lebih mustahil lagi daripada unta masuk kedalam lobang jarum. Mustahil bagi mereka untuk masuk kedalam surga, jika mereka tidak mahu memberikan seluruh harta kekayaannya kepada orang miskin. Dan hal ini juga di konfirmasi di ayat yang lain, diantaranya tertulis pada ayat berikut ini :

Lukas
16:19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan.
16:20 Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu,
16:21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya.
16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.
16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.
16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
16:25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.
16:26 Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang.
16:27 Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku,
16:28 sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini.

Selain orang kaya yang mustahil bisa masuk ke surga, orang-orang yang berdosa juga mustahil bisa masuk surga jika mereka tidak menanggalkan bagian tubuhnya yang digunakannya untuk berbuat dosa. Hal ini dijelaskan dalam ayat berikut :

Matius
5:29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
5:30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

Matius
18:8 Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal.
18:9 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua.

Markus
9:43 Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;
9:45 Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;
9:47 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,

Apakah ada umat kristiani yang tangan, kaki dan matanya tidak pernah digunakan untuk berbuat dosa? Jika tidak ada, lantas apakah umat kristiani sudah menanggalkan bagian tubuhnya yang telah menyesatkan mereka kedalam dosa, agar mereka bisa memperoleh hidup di surga? Dan apakah orang kristiani yang kaya raya sudah memberikan semua harta kekayaannya kepada orang miskin? Jika semua itu belum belum kalian lakukan, lalu dimana letak keselamatan bagi orang krisiani? Disamping semua itu, Yesus juga mengatakan bahwa jalan menuju surga sangatlah sulit dan juga sempit. Hal ini dijelaskan pada ayat berikut :

Matius
7:12 Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
7:13 Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;
7:14 karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Dengan demikian sangatlah sulit dan hampir mustahil bagi kristiani untuk bisa masuk surga, jika mereka tidak melakukan apa yang diperintahkan yesus kepada mereka. Yakni :

1. Memberikan seluruh harta kekayaannya kepada orang miskin

2. Mentaati seluruh hukum taurat dan kitab para nabi

3. Menanggalkan bagian tubuh mereka yang menyesatkan kedalam dosa

Allah berfirman :

"Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: `Sekali-kali tidak akan masuk syurga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani`. Demikian itu hanya ANGAN-ANGAN MEREKA YANG KOSONG BELAKA. Katakanlah: `Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar`." (QS. 2:111)

Maha Benar Allah Dengan Segala FirmanNya.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin..:)
Posting Komentar