Senin, 02 Maret 2015

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ALLAH DALAM ALQURAN DAN ALKITAB


Kali ini kita akan membahas mengenai persamaan dan perbedaan Allah dalam Alquran dan Alkitab. Kita akan menilai keduanya dari segi sifat, konseb dan aturan yg dibuat keduanya. Tentu artikel ini dibuat agar kita sama-sama tahu Allah mana yang asli dan layak untuk disembah. Baiklah kita awali materinya sebagai berikut :

★ PERSAMAAN ★

1. ALLAH MAHA ESA DAN TIDAK ADA TUHAN SELAIN DIA

→ Alquran

"Katakanlah: `Dialah Allah, Yang Maha Esa`" (QS. 112:1)

"Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang." (QS. 2:163)

→ Alkitab

Ulangan 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu Esa!

Ulangan 4:35 Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia.

Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

2. ALLAH ADALAH TUHAN DI LANGIT DAN DI BUMI

→ Alquran

"Ibrahim berkata: `Sebenarnya Tuhan kamu ialah Tuhan langit dan bumi yang telah menciptakannya; dan aku termasuk orang-orang yang dapat memberikan bukti atas yang demikian itu`" (QS. 21:56)

"Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." (QS. 38:66)

→ Alkitab

Ulangan 4:39 Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa Tuhanlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.

3. SEMBAHLAH DAN TAKUTLAH HANYA KEPADA ALLAH

→ Alquran

"(Nabi Isa berkata) Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus." (QS. 19:36)

"Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang) musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman."(QS. 3:175)

→ Alkitab

Matius 4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Matius 10:28 Janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

4. TIDAK ADA YG SERUPA DENGAN ALLAH

→ Alquran

"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. 42:11)

→ Alkitab

Yesaya 46:9 Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku,

5. ALLAH TIDAK DAPAT DILIHAT

→ Alquran

"Dia (Allah) tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-An’aam:103)

"Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan, dan Rabb telah berfirman (langsung kepadanya), berkatalah Musa:"Ya Rabbku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku, agar aku dapat melihat kepada Engkau". Rabb berfirman:"Kamu sekali-kali tak sanggup untuk melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap ditempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku". Tatkala Rabbnya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musapun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata:"Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang pertama-tama beriman". (QS. Al-A’raf :143)

→ Alkitab

1 Yohanes 4:12 Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.

Keluaran 33:20 Lalu firmanNya: Engkau (Musa) tidak tahan memandang wajahKu, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup”. Berfirmanlah TUHAN: Ada suatu tempat dekatKu, dimana engkau dapat berdiri di atas gunung batu; apabila kemuliaanKu lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu.

★ PERBEDAAN ★

1. BAGAIMANA ATURAN DALAM BERPERANG?

→ Alquran

"DAN PERANGILAH DI JALAN ALLAH YANG MEMERANGI KAMU, (tetapi) JANGANLAH KAMU MELAMPAUI BATAS, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS. 2:190)

"DAN JIKA SEORANG DI ANTARA ORANG-ORANG MUSYRIKIN ITU MEMINTA PERLINDUNGAN KEPADAMU, MAKA LINDUNGILAH IAD supaya ia sempat mendengar firman Allah, KEMUDIAN ANTARKANLAH IA KE TEMPAT YANG AMAN BAGINYA. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui." (QS. 9:6)

→ Alkitab

1 Samuel 15:3 Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, TUMPASKANLAH SEGALA YANG ADA PADANYA, DAN JANGAN ADA BELAS KASIHAN PADANYA. BUNUHLAH SEMUANYA, LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN, KANAK-KANAK MAUPUN ANAK-ANAK YANG MENYUSU, lembu maupun domba, unta maupun keledai."

Ulangan
20:10 Apabila engkau mendekati suatu kota untuk berperang melawannya, maka haruslah engkau menawarkan perdamaian kepadanya.
20:11 Apabila kota itu menerima tawaran perdamaian itu dan dibukanya pintu gerbang bagimu, maka HARUSLAH SEMUA ORANG YANG TERDAPAT DISITU MELAKUKAN PEKERJAAN RODI BAGIMU DAN MENJADI HAMBA (budak) KEPADAMU.

2. BAGAIMANA BERSIKAP DENGAN PENGANUT AGAMA LAIN?

→ Alquran

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku SUPAYA KAMU SALING KENAL MENGENAL. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. 13:49)

"Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. DAN JANHANLAH SEKALI-KALI KEBENCIANMU TERHADAP SUATU KAUM, MENDORONG KAMU UNTUK BERLAKU TIDAK ADIL. BERLAKU ADILLAH, KARENA ADIL ITU LEBIH DEKAT KEPADA TAQWA. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. 5:8)

"(yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: "Tuhan kami hanyalah Allah". DAN SEKIRANYA ALLAH TIDAK MENOLAK (KEGANASAN) SWBAGIAN MANUSIA DENGAN SEBAGIAN YANG LAIN, Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, TENTULAH TELAH DIROBOHKAN BIARA-BIARA NASRANI, GEREJA-GEREJA, RUMAH-RUMAH IBADAT ORANG YAHUDI dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa," (QS. 22:30)

"Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Kulah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. 29:8)

"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan PERGAULILAH KEDUANYA DI DUNIA DENGAN BAIK, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, makan Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. 31:15)

→ Alkitab

Ulangan
13:6 APABILA SAUDARAMU LAKI-LAKI, ANAK IBUMU, ATAU ANAKMU LAKI-LAKI ATAU ANAKMU PEREMPUAN ATAU ISTRIMU SENDIRI ATAU SAHABAT KARIBMU membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,
13:7 salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,
13:8 MAKA JANGANLAH ENGKAU MENGALAH PADANYA DAN JANGANLAH MENDENGARKAN DIA. JANGANLAH ENGKAU MERASA SAYANH KEPADANYA, JANGANLAH MNGASIHANI DIA DAN JANGANLAH MENUTUPI SALAHNYA,
13:9 TAPI BUNUHLAH DIA! tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.
13:10 ENGKAU HARUS MELEMPARI DIA DENGAN BATU, SEHINGGA MATI, karena ia telah berikhtiar menyesatkan engkau dari pada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.

3. APAKAH ALKOHOL DIHARAMKAN UNTUK DIKONSUMSI?

→ Alquran

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamar (minuman keras) dan judi. Katakanlah:` PADA KEDUANYA TERDAPAT DOSA BESAR dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya `. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah:` Yang lebih dari keperluan. `Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir," (QS. 2:219)

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka JAUHILAH PERBUATAN-PERBUATAN ITU AGAR KAMU MMENDAPAT KEBERUNTUNGAN." (QS. 5:90)

→ Alkitab

Ulangan 14:26 dan HARUSLAH engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.

4. APAKAH MENGAMBIL BARANG MILIK ORANG LAIN DIBOLEHKAN?

→ Alquran

"Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."(QS. 5:38)

→ Alkitab

Ulangan
23:24 Apabila engkau melalui kebun anggur sesamamu, ENGKAU BOLEH MAKAN BUAH ANGGUR SEPUAS-PUAS HATIMU, tetapi tidak boleh kaumasukkan ke dalam bungkusanmu.
23:25 Apabila engkau melalui ladang gandum sesamamu yang belum dituai, ENGKAU BOLEH MEMETIK BULIR-BULIRNYA DENGAN TANGANMU, tetapi sabit tidak boleh kauayunkan kepada gandum sesamamu itu."

Demikianlah apa yg dapat saya sampaikan, semoga dengan demikian kita akan semakin tau Allah mana yg benar dan yg layak untuk disembah. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin..


Poskan Komentar