Sabtu, 14 Maret 2015

MENJAWAB SOAL KATA EGO EIMI


Artikel ini dibuat untuk meluruskan tudingan para kristiani yang menganggap bahwa Yesus mengaku sebagai tuhan karena ia mengucapkan kata "ego eimi". Yang perlu dipahami disini adalah, kata Ego eimi berbeda dengan ego eimi ho on, dalam kitab Septuaginta tuhan mengucapkan kata "ego eimi ho on" saat menyampaikan firmannya kepada nabi Musa sbb :

Keluaran 3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Frasa “Aku adalah Aku” dalam bahasa Ibrani adalah “Ehyeh asyer Ehyeh” yang secara literal diterjemahkan dengan “Aku ada yang Aku ada”. Dalam naskah Septuaginta (terjemahan PL dalam bahasa Yunani) diterjemahkan, “Ego eimi ho on”.

Dalam Kitab Yohanes, Yesus berkata kata dengan menggunakan bentuk kata “Ego Eimi” yang muncul sebanyak 7 kali, diantaranya ialah sbb :

Yohanes 6:35 “Ego eimi ho Artos”
Yohanes 8:12 “Ego eimi to Phos tou kosmou”
Yohanes 10:7 “Ego eimi he Thura ton Probaton”
Yohanes 10:11 “Ego eimi ho Poimen ho Kalos”
Yohanes 11:25 “Ego eimi he Anastasis kai he Zoen”
Yohanes 14:6 “Ego eimi ho Hodos kai he Aletheia kai he Zoen”
Yohanes 15:1 “Ego eimi he Ampelos he alethine”

Dalam Septuaginta sendiri tertulis Asael pun menyebutkan dirinya "ego eimi", dan dia tidak dinyatakan mengaku dirinya Tuhan.

SEPTUAGINTA
2 Samuel 2:20 και επεβλεψεν αβεννηρ εις τα οπισω αυτου και ειπεν ει συ ει αυτος ασαηλ και ειπεν εγω ειμι

LAI
2 Samuel 2:20
Lalu Abner berpaling ke belakang dan bertanya: "Engkaukah itu Asael?" Jawabnya: "Ya, aku. εγω ειμι - ego eimi "

Dan semua orang yang berbahasa greek biasa mengucapkan "ego eimi". Dalam alkitab sendiri Yudas juga mengucapkan"ego eimi" :

Matius 26:25 Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: "Bukan aku εγω ειμι - ego eimi , ya Rabi?" Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya."

Bahkan murid-murid Yesus yang lain juga mengucapkan "ego eimi" :

Matius 26:22 Dan dengan hati yang sangat sedih berkatalah mereka seorang demi seorang kepada-Nya: "Bukan aku εγω ειμι - ego eimi , ya tuan?"

Jadi, apakah dengan demikian Yudas dan murid-murid Yesus yang lainnya mengaku dirinya adalah Tuhan?

Orang-orang yang akan mengaku dirinya messiah juga mengucapkan "ego eimi" :

Matius 24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah εγω ειμι - ego eimi Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Lukas 21:8 Jawab-Nya: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia εγω ειμι - ego eimi, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka.

Malaikat Gabriel :

Lukas 1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah εγω ειμι - ego eimi Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.

Orang yang tadinya pengemis buta :

Yohanes 9:9 Ada yang berkata: "Benar, dialah ini." Ada pula yang berkata: "Bukan, tetapi ia serupa dengan dia." Orang itu sendiri berkata: "Benar, akulah itu. εγω ειμι - ego eimi "

Petrus :

Kisah Para Rasul 10:21 Lalu turunlah Petrus ke bawah dan berkata kepada orang-orang itu: "Akulah εγω ειμι - ego eimi yang kamu cari; apakah maksud kedatangan kamu?"

Paulus :

Kisah Para Rasul 22:3 "Aku εγω ειμι - ego eimi adalah orang Yahudi, lahir di Tarsus di tanah Kilikia, tetapi dibesarkan di kota ini; dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel dalam hukum nenek moyang kita, sehingga aku menjadi seorang yang giat bekerja bagi Allah sama seperti kamu semua pada waktu ini

Kisah Para Rasul 26:29 Kata Paulus: "Aku εγω ειμι - ego eimi mau berdoa kepada Allah, supaya segera atau lama-kelamaan bukan hanya engkau saja, tetapi semua orang lain yang hadir di sini dan yang mendengarkan perkataanku menjadi sama seperti aku, kecuali belenggu-belenggu ini.

Jadi, jika Yesus yang mengucapkan "ego eimi" dianggap sebagai pernyataan bahwa ia mengaku sebagai tuhan, lantas bagaimana dengan orang-orang diatas yang juga mengucapkan kata yang sama, yakni "ego eimi", apakah mereka juga mengaku sebagai tuhan?

Apa sebenarnya arti dari frase "εγω ειμι" ego eimi?

Keluaran 3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU. אהיה אשר אהיה - ehyeh esher ehyeh " Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Kata "אהיה אשר אהיה - ehyeh esher ehyeh" diterjemahkan menjadi :

• εγω ειμι ο ων - ego eimi ho on (Septuaginta)
• ego sum qui sum (Vulgate)
• أهيه الذي أهيه ahyah alladzii ahyah (Arabic Bible)
• I AM THAT I AM (English Bible)
• "AKU ADALAH AKU" (LAI)

Kata "אהיה - ehyeh" diterjemahkan menjadi :

• ο ων - ho on (Septuaginta)
• qui est (Vulgate)
• أهيه - ahyah (Arabic Bible)
• I AM (English Bible)
• AKULAH AKU (LAI)

Bandingkan dengan ayat berikut ini :

Ulangan 32:39 Lihatlah sekarang, bahwa Aku -אני - aniy, Akulah Dia. אני הוא - aniy hu` Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.

Kata "אני הוא - aniy hu" diterjemahkan menjadi :

• εγω ειμι ego eimi (Septuaginta)
• ego sim (Vulgate)
• انا هو anaa huwa (Arabic Bible)
• I am he (English Bible)
• Akulah Dia (LAI)

Bandingkan juga dengan yang ini :

Zefanya 2:15 Itulah kota yang beria-ria yang penduduknya begitu tenteram dan yang berkata dalam hatinya: "Hanya ada aku אני - aniy dan tidak ada yang lain!" Betapa dia sudah menjadi tempat yang tandus, tempat pembaringan bagi binatang-binatang liar. Setiap orang yang lewat dari padanya akan bersuit dan mengayun-ayunkan tangannya.

Kata "אני - aniy" diterjemahkan menjadi :

• εγω ειμι - ego eimi
• ego sum (Vulgate)
• انا anaa (Arabic Bible)
• I am (English Bible)
• ada aku (LAI)

Juga yang ini :

2 Samuel 2:20 Lalu Abner berpaling ke belakang dan bertanya: "Engkaukah itu Asael?" Jawabnya: "Ya, aku." אנכי -anokiy

Kata "אנכי- anokiy" diterjemahkan menjadi :

• εγω ειμι - ego eimi
• ego sum (Vulgate)
• انا هو anaa huwa (Arabic Bible)
• I am (English Bible)
• Ya, aku. (LAI)

Jadi sudah jelas bahwa frase kata hebrew אהיה אשר - ehyeh esher, אני הוא - aniy hu`, אני - aniy אנכי -anokiy yang masing-masing artinya tidak sama semuanya diterjemahkan menjadi εγω ειμι ego eimi.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.. :)

8 komentar:

Samuel mengatakan...

Syalom, sdr Adi dapat melihat uraian dgn lebih jelas di link dibawah ini. Sebagian besar uraian anda mungkinkah berasal dari sini. Hanya di pelintir jadi seolah semua kata Ego Eimi adalah sama. Sebagai bloger yg baik dapat mencerdaskan pembaca meskipun pahit kenyataan bahwa Yesus adalah memang Sang Firman yg jadi Manusia ada sebelum Abraham ada dan sebelum dunia ada, dan Firman adalah Allah. Ego Eimi.... Makasih sdh membuka jendela agar banyak saudaraku memahami siapa Yesus.
Silahkan klik lonk dibawsh ini utk penjelasan lebih detail ttg Ego Eimi...Jesus Bless U All.
http://bet-midrash.blogspot.com/2017/02/makna-pernyataan-ego-eimi-oleh-yesus.html?m=1

Samuel mengatakan...

[29/3 20.33] +62 852-3216-0000: Membahas tentang ego eimi itu harus dari dua sisi.
1. Secara kebahasaan
2. Secara teologis
Secara bahasa, kata itu mmg bisa bermakna umum... Bisa.dipakai oleh manusia.

2. Secara teologis
Bagaimana konteks pernyataan tersebut.
Contoh: wakt Yesus berkata:
Qabla an yakuna Ibrahim Ana Ka'inu
: Prin Abraam Genesthai Ego Eimi
Tentu term Ego Eimi disana tdk bisa dipahami hanya scr bahasa...
Sebab frase sebelumnya sudah membutuhkan pemahamaan teologis. Sebelum Abraham jadi/genesthai, > dijadikan dri yg tdk ada menjadi ada alias makhluq/ciptaan, Aku Ada/Ego Eimi... Gmn coba memahami teks diatas hanya dri segi kebahasaan?
Membtuhkan pemahaman teologis dri ungkapan tersebut... Contoh:
Allah Ada
Saya Ada
Sama ga arti kata Ada dalam dua kalimat diatas??? Secara bahasa bisa dikatakan sama: Tp scr teologis berbeda jauuhhh. Sama jg dgn istilah ego eimi Kata itu jgn hanya dipahami dri aspek kebahasaannya saja, tp scr teologis yg lebih penting. Apalagi ketika u gkapan tersebut memggunakan predikat seperti: Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup Akulah Roti Hidup, Akulah Terang Dunia: Dll Bagaimanapun gelar2 tersebut unik dan tdk eprnah diterapkan pd sosok nabi manapun dlm PL. Gelar al-Haqq/Kebenaran dan al-Hayat/Hidup misalnya... kedua gelar tersbut merupakan gelar Allah sendiri. Bandingkan coba dgn asmaul husna dan 20 sifat Allah Klo hanya kebahasaan, ya mmg bisa netral aja artinya. Tp kalau dri aspek.teologis dan kebahasaan, dri konteks kalimatnya maka jelas ungkapan ego eimi itu mmg bkn ungkapan biasa.. Sama seperti sy kasi contoh kata: Ada Aku Ada
Allah Ada Scr bahasa maknanya bisa sama, tp scr teologis jauh beda Adanya Allah itu kekal, ada dgn sendirinya, tak dibatasi ruang dan wkt...Adanya manusia itu diawali wkt, terbatas ruang dan wkt, sementara Ketika Petrus berkata ego eimi Itu beda maknanya ketika Yesus Sang Kalimatullah berkata: Ego eimi Makanya Yohanes kan kasi pengantar dulu dlm pasal 1 Siapa Yesus itu. Dia inkarnasi Logos Jd pernyataan2Nya hrs dipahami sesuai dgn hakekatNya sbg Kalimatullah yg adalah Allah sendiri. Mereka melihat Yesus kebalik dgn kita : Mrk lihat kemanusiaanNya aja, wujud fisikNya saja. Sprti org yahudi yg kaget ketika Yesus blg sblm abraham jd Aku Ada. Umurmu blm 50 tahun... gak mungkinlah Pdhl yg dimaksud Yesus bukan eksistensi jasmaniNya yg mmg diawali ruang dan wkt
Makanya Yohanes mengajak org percaya melihat hakekat Yesus dulu dlm prolog InjlNya
: Ia Kalimatullah yg inkarnasi jd manusia
Org Kristen ga pernah percaya ada manusia jd Allah. Yg qta yakini adalah Allah melalui FirmanNya berinkarnasi jd manusia.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Samuel mengatakan...

Test

Samuel mengatakan...

Test 2

Dterbalik91 mengatakan...


yesus firman?

yesus ke yahudi:
Yohanes 8:55 padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku MENURUTI FIRMAN-Nya.

jelas2 yesus bilang “aku menuruti firman Allah”. klaim kalian yesus itu adalah wujud dari firman adalah kesesatan yg menyesatkan. hadehhhh kalo tidak absurd dan tidak ribet ya bukan kristen😂🙄

Dterbalik91 mengatakan...


yesus firman?

yesus ke yahudi:
Yohanes 8:55 padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku MENURUTI FIRMAN-Nya.

jelas2 yesus bilang “aku menuruti firman Allah”. klaim kalian yesus itu adalah wujud dari firman adalah kesesatan yg menyesatkan. hadehhhh kalo tidak absurd dan tidak ribet ya bukan kristen😂🙄

Unknown mengatakan...

Ego Eimi "Aku adalah Aku" Bukan "Aku" Doank..... Kalau kamu muslim coba deh ajak ngobrol Tanpa Ragi supaya asik